Aloe Vera si Tanaman Ajaib

Image

Aloe vera, juga dikenal sebagai ‘Tanaman keabadian’, telah digunakan untuk berbagai tujuan sejak jaman dahulu . Aloe vera banyak ditemukan di daerah Afrika dan termasuk dalam species tanaman sukulen, yaitu tanaman yang habitat aslinya adalah daerah kering dan tidak bisa tumbuh besar. Tanaman ini menyimpan air pada daunnya dan mampu bertahan di daerah kering dengan curah hujan yang rendah.  Daun Aloe vera  memiliki tampilan yang unik, tanpa batang dan dilindungi oleh tepi bergerigi yang tajam.

Aloe vera dianggap sebagai tanaman ajaib dan memiliki banyak manfaat untuk kulit, kesehatan dan rambut. Bahkan saat ini Aloe vera banyak digunakan sebagai bahan utama dalam makanan dan minuman energi.  .

Nilai Nutrisi:

Aloe vera mengandung  75 nutrisi, 20 mineral, 12 vitamin, 18  asam amino  dan 200 enzim aktif. Aloe vera mengandung Vitamin A, B1, B2, B6 dan B12, Vitamin C dan E, asam folic  dan Niacin. Mineral yang terkandung dalam aloe vera antara lain tembaga, besi, sodium, kalsium, zinc, potassium, chromium, magnesium dan mangan. Tanaman eksotis ini juga mengandung senyawa bermanfaat lainnya seperti polysaccharides, mannans, anthraquinones dan lectins.

Tanaman ajaib ini digunakan untuk perawatan  berbagai jenis penyakit. Manfaat kesehatan dari aloe vera iantara lain:

1. Aloe vera jika dikonsumsi sangat membantu proses pencernaan dan efektif membersihkan sistem pencernaan. Aloe vera bekerja sebagai pencahar yang membuat partikel makanan lebih mudah melewati usus. Tanaman yang luar biasa ini sangat bagus untuk orang yang menderita masalah sembelit. Minum jus lidah buaya secara teratur membantu untuk detoksifikasi tubuh yang pada gilirannya meningkatkan gerakan usus sehari-hari. Membantu meredakan asam lambung, peradangan dan tukak usus.

2. Aloe vera penuh dengan antioksidan, juga dikenal sebagai peningkat kekebalan alami, yang membantu untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas menyebabkan beberapa penyakit dan mempercepat proses penuaan. Mengkonsumsi jus Aloe vera secara teratur meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

3. Jus Aloe vera mengandung zat yang menghambat dan memperlambat peradangan yang disebabkan oleh cedera tanpa menimbulkan efek samping. Minum jus lidah buaya secara teratur dapat mengurangi sendi bengkak dan mengurangi kekakuan tulang. Hal ini sangat baik untuk mengobati luka bakar dan membantu regenerasi sel-sel baru dan membantu dalam membangun kembali jaringan yang rusak.

4. Tonic  Aloe vera sangat bermanfaat untuk sistem reproduksi wanita karena dapat meremajakan rahim.

5. Tanaman ini juga  sangat berguna untuk menyembuhkan gangguan pernafasan dan dapat digunakan untuk penyembuhan flu, bronchitis, herpes, pilek dan .gangguan pernafasan lainnya.

6. Jus Aloe vera juga dapat meningkatkan level energi dan membantu menjaga berat badan tubuh tetap ideal. Minum jus aloe vera  secara teratur dapat menstimulasi  metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat.

8. Jus Aloe vera  membantu menjaga kesehatan gusi dan mulut. kandungan anti-bakteri dan anti-microba alaminya berfungsi membantu penyembuhan dan pertumbuhan sel.  Gel Aloe vera juga digunakan pada beberapa produk pasta gigi untuk mencegah pendarahan gusi.

Manfaat Aloe Vera untuk kulit:

9. Kandungan anti-alergi pada aloe vera berguna dalam penyembuhan berbagai penyakit kulit seperti eczema, psoriasis, dan gatal kulit. membantu dalam menyembuhkan lecet, gigitan serangga dan reaksi alergi lainnya. Aloe Vera aman bagi orang-orang yang memiliki jenis kulit sensitif.

10. Meminum  jus aloe vera  dapat menyuplai nutrisi esensial bagi tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Membantu pelepasan sel kulit mati sehingga kulit tampak bersih bersinar.

11.  Sifat anti-inflamasi pada Aloe vera  terbukti ampuh mengurangi jerawat. Memang tidak bisa langsung menghilangkan jerawat; tetapi, aloe vera mengurangi inflamasi, kemerahan pada jerawat dan mencegah jerawat pecah. Jus atau gel aloe vera  dapat diaplikasikan langsung pada kulit untuk menyembuhkan jerawat. Masker aloe vera dapat dibuat sendiri dengan cara merebus daunnya. Hancurkan hingga menjadi pasta dan tambahkan sedikit madu. Aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air mengalir.

12.  Aloe vera dengan manfaat penyembuhnya membantu merawat kulit yang terbakar matahari pada jaringan epitel kulit. Berfungsi sebagai lapisan pelindung dan mempercepat penyembuhan luka. Aloe vera juga dapat membntu mengurangi tampilan stretch marks.

13. Aloe vera mengandung anti-oksidan seperti beta karoten, vitamin C dan E yang meningkatkan kekencangan alami kulit. Membuat kulit terdehidrasi. Meningkatkan elastisitas kulit, sehingga mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

14. Kulit halus dan bercahaya dapat dicapai dengan mudah dengan menggosokkan gel Aloe vera pada wajah. Aloe vera mencerahkan kulit dan membantu untuk meringankan hiper pigmentasi.

15. Gel Aloe vera sangat bermanfaat untuk kulit kering. Aloe vera adalah pelembab alami karena kadar air yang terkunci di dalamnya. Gel ini membuat kulit terdehidrasi dan meningkatkan elastisitas. Menyediakan oksigen ke kulit yang memperkuat jaringan kulit dan menjaga kulit tetap sehat. Selain itu, melembabkan kulit tanpa membuat kulit berminyak sehingga sangat sempurna untuk kulit berminyak. Setelah diterapkan, ia melepaskan vitamin alami dan enzim pada kulit untuk menghasilkan efek pelembab yang mendalam yang membantu untuk mengobati dan mengembalikan keseimbangan pH-nya

aloe vera hair care benefits

16.Sejak jaman Mesir kuno Aloe vera telah digunakan untuk perawatan rambut rontok . Aloe vera mengandung enzim yang meningkatkan pertumbuhan rambut. Enzim proteolitik yang ditemukan di Aloe vera membantu untuk memberantas sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Keratolicpada aloe vera bertindak memecah sebum dan sel-sel kulit kepala mati. Sifat alkali aloe vera  menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan rambut yang menghasilkan pertumbuhan rambut lebih lanjut dan mempertahankan kelembaban di kulit kepala.

17. Aloe vera juga membantu menghilangkan gatal  dan kering pada kulit kepala dengan sifat anti-pruritic. Kandungan enzim pada Aloe vera memungkinkan penghancuran kulit mati yang berlebihan di kulit kepala. Membantu untuk mengurangi kemerahan,,gatal dan radang kulit kepala.

18. Aloe vera digunakan pada perawat ketombe. kandunganenzim alami pada Aloe vera mampu menyejukkan dan melembabkan kulit kepala sehingga  mengurangi kulit kepala kering yang menyebabkan munculnya ketombe. Kandungan anti-jamurnya mampu mengatasi masalah ketombe. Mengurangi kekeringan dan rasa gatal pada kulit kepala. Aloe vera memberikan sensasi segar dan dingin pada kulit kepala.

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s